Suku Walak

- Suku Walak dan Keberadaan Suku Walak

Walak merupakan salah satu sub Suku Bangsa dari Bangsa Melanesia Papua Barat, terutama Suku-suku Koteka (Koteka Tribal People) sebagai suku pribumi yang ditempatkan Tuhan di Kawasan Pegunungan Tengah Papua, yang mana secara ekstensional kini mendiami Bumi Balim sebagai Tanah Leluhur Suku-suku Bangsa Pribumi Papua.

Suku Walak atau Walak adalah nama suku atau suatu kelompok kecil dari ras Melanesia, kini masuk dalam Indonesia bagian Timur di Provinsi Papua.

Suku Walak merupakan salah satu Suku kecil dari Suku-suku besar lain di Papua atau lebih khususnya lagi diantara Suku Dani dan Suku Lani. Suku Walak terletak di antara kedua Suku ini.

Sebelum banyak orang mengetahui tentang Suku Walak, Suku Walak dipopulerkan oleh Rev. Markus Kilungga, S.Th. Beliau adalah sebagai seorang penerjemah Alkitab dalam Bahasa WalakAnda bisa lihat Info. selengkapnya baca disini. Juga beliau adalah seorang penulis buku, dalam Bahasa Walak dan Bahasa Indonesia tutorial.

Keberadaan Suku Walak

Keberadaan Suku Walak terletak di antara dua kabupaten. Kabupaten induk, kabupaten Jayawijya ibu kota Wamena, dan kabupaten pemakaran baru Mamberamo Tengah ibu kota Kobakma, Provinsi Papua.

Suku Walak sebelum di populerkan oleh Markus menjadi terkenal seperti saat ini, sebelumnya hanya ada nama Suku Dani dan Lani padahal Suku Walak terletak diantara kedua suku ini.

Arti  Kata Walak

Walak dengan kata lain Wanelak, Wanlak yang artinya dalam Bahasa Indonesia adalah "saya pergi ambil" bisa juga "saya yang mengambil", kalimat ini masuk dalam kata kerja artinya sedang berlangsung atau sedang melaksanakan.

Dalam Bahasa Walak, Walak diartikan dalam beberapa pengertian, diantaranya kata walak
digunakan sebagai:

  • Ucapan Terimakasih
  • Ucapan Selamat
  • Ucapan atau nama dari Suku Walak itu sendiri


Mengapa orang Walak menggunakan nama Walak sebagai nama suku mereka?
Orang Walak itu sudah di bentuk diri mereka dengan kata Walak sejak dari nenek moyang mereka atau dari suku orang Walak itu sendiri dengan makna, arti yang sangat kuat dengan kebudayaan orang Walak.

Dan kata Walak digunakan dalam beberapa pengertian yang handal seperti Ucapan Terimakasih, Ucapan Selamat dan masih ada lagi pengertian yang lain. Dan dari Orang-orang tertua Walak, itu sebanya kata Walak di angkat sebagai nama Suku orang Walak.

Jawaban ini hanya sekedar sepengetahuan dari zaman modern sekarang dari seorang Mahasiswa lebih detailnya sangat dirahasiakan oleh yang tertua dari Suku Walak.

Sumber: https://thewalak.blogspot.com/